Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa
Tips

 Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Jika Anda perhatikan lagi, perbedaan artikel SEO dan artikel biasa itu ada lebih dari satu. Baik dari segi tata cara penulisan, bentuk, hingga tujuan pembuatannya pun berbeda. Akan tetapi, bagi orang yang memang tidak berkecimpung dalam dunia marketing mungkin akan kesulitan untuk membedakan keduanya. 

Artikel SEO dan Artikel Biasa

Sebelum memulai pembahasan mengenai perbedaan artikel SEO dan artikel biasa. Kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenali kedua artikel itu terlebih dahulu. Dimulai dari pengertian artikel SEO yaitu merupakan sebuah konten yang sengaja dibuat untuk memaksimalkan atau memudahkan situs web perusahaan muncul pada mesin pencarian. 

 Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Sedangkan, artikel biasa merupakan sebuah konten yang berisi karangan atau essay dalam bentuk karya tulis. Dimana isinya mempunyai gagasan yang faktual untuk menyampaikan maksud tertentu kepada pembacanya. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika artikel memiliki beragam jenisnya.

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Seperti yang sudah sempat disinggung pada pembahasan sebelumnya. Bahwa antara artikel SEO dengan artikel biasa mempunyai beragam perbedaan. Pun dalam membedakan kedua artikel itu dapat dilihat dari beberapa aspek di dalamnya. Berikut ini ulasannya!

1. Segi Tata Cara Penulisannya

Artikel SEO mempunyai tata cara serta struktur penulisan yang memang dikhususkan  dan dinamis. Biasanya lebih memfokuskan kepada peletakan kata kunci. Karena penempatan keyword dalam artikel ini memiliki peranan penting guna meningkatkan kunjungan pada situs web dari perusahaan tersebut.

Beralih ke artikel biasa, tata cara serta struktur penulisannya masih cukup umum. Biasanya, terdiri dari pembukaan, isi, kemudian penutup. Selain itu, pada artikel ini Anda tidak perlu terlalu fokus dalam meletakkan sebuah kata kunci. Karena judul yang ditulis disusun lebih natural tanpa keyword.

2. Tujuan Pembuatan Artikel

Beranjak pada aspek berikutnya. Perbedaan artikel SEO dan artikel biasa pun dapat diketahui dari tujuan pembuatannya. Seperti dalam artikel SEO, biasanya diperuntukkan guna memaksimalkan serta memudahkan situs web perusahaan supaya muncul di halaman utama pada mesin pencarian. 

Sedangkan untuk artikel biasa, lebih sering ditujukan guna menyampaikan informasi terkait apa saja yang dibutuhkan oleh pembacanya. Bahkan, ada pula yang dibuat hanya untuk mengikuti trend yang populer. Oleh sebab itu, kaidah penulisannya pun lebih spesifik dibandingkan artikel yang lain.

3. Penggunaan Gaya Bahasa

Aspek ketiga yang dapat membantu Anda dalam membedakan artikel SEO dan artikel biasa adalah penggunaan gaya bahasanya. Pada dasarnya, artikel SEO menggunakan majas yang lebih dinamis tetapi tetap santai. Hal ini bertujuan untuk menggaet pembacanya.

Sedangkan pada artikel biasa, lebih mengacu pada penggunaan gaya bahasa yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Akan tetapi, tidak selalu mengikuti PUEBI. Ada beberapa yang juga menyesuaikannya dengan jenis dan target pembacanya.

4. Topik Pembahasannya

Lanjut pada aspek terakhir yang dapat digunakan untuk melihat perbedaan antara kedua artikel adalah topik pembahasannya. Artikel SEO mempunyai tema pembasahan yang umum. Kerap kali membahas mengenai bisnis, teknologi, pariwisata, dan sebagainya.

Namun, pada artikel biasa. Topik pembahasannya jauh lebih spesifik dibandingkan dengan artikel SEO. Bahkan, ada beberapa yang membahas apa saja yang dikandung dalam sebuah jurnal, buku, dan sejenisnya.

Itu tadi penjabaran mengenai perbedaan artikel SEO dan artikel biasa. Meskipun Anda bukanlah orang yang berkecimpung dalam dunia marketing. Anda akan mampu membedakan keduanya dengan melihat beberapa aspek yang sudah dibahas sebelumnya.

Sumber: https://wahyublahe.id