5 Tips Kredit Rumah KPR dengan Mudah
Tips

5 Tips Kredit Rumah KPR dengan Mudah

Apakah Anda sudah mengajukan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah? Jika iya, maka ada baiknya untuk merencanakan pencicilan dengan baik. Proses pencicilan tersebut tentu akan memudahkan seseorang agar lebih efektif dan cepat menghuni rumah impian. Tentunya, harus diimbangi dengan tips kredit rumah KPR terlebih dahulu.

Tips Kredit Rumah KPR

Saat ini, tentu tidak sedikit orang yang mengajukan kredit rumah. Akan tetapi, pastikan proses tersebut dilakukan dengan cepat agar nantinya kepemilikan rumah dapat lebih cepat berganti secara efektif. Agar lebih jelas, simak beberapa tipsnya pada penjelasan di bawah ini:

1. Kurangi Sisa Pokok KPR

Sangat penting bagi Anda untuk mengurangi sisa pokok KPR ketika ingin mencicil rumah. Hanya saja, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara melakukan hal tersebut. Padahal, hanya dengan menambah simpanan tabungan sebanyak dua kali lipat seseorang dapat mengurangi sisa pokoknya.

5 Tips Kredit Rumah KPR dengan Mudah

Jika sebelumnya, seseorang hanya menyisihkan sepertiga penghasilan utama untuk membayar cicilan KPR. Kali ini, tidak ada salahnya apabila Anda langsung menyisihkan dua pertiga penghasilan agar sisa pokoknya dapat lebih efektif dan cepat berkurang.

2. Pindah ke Bank Syariah

Terdapat satu tips yang cukup efektif apabila Anda ingin mencicil rumah KPR. Tidak lain yakni dengan cara pindah tangan ke bank syariah. Kebanyakan orang menyebutnya sebagai take over. Kemudian, langsung saja terapkan sistem murabahah/jual beli.

Dengan begitu, jumlah angsuran setiap bulannya akan menjadi tetap. Ketika pindah tangan ke bank syariah, maka seseorang akan mendapat nominal angsuran yang jauh lebih ringan. Dengan begitu, tentu akan jauh lebih mudah untuk mempercepat pelunasan cicilan tersebut.

3. Cek Reputasi Pengembang

Selain beberapa tips di atas, pastikan Anda juga mengecek reputasi pengembang. Dengan cara ini, maka seseorang dapat terhindar dari resiko penipuan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memeriksa lebih lanjut mengenai kredibilitas developer/pengembang rumah tersebut.

Apabila ingin lebih aman, maka usahakan untuk memilih pengembang rekanan bank penyedia KPR. Cara ini sangat efektif untuk menjamin pengecekan pengembang yang digunakan. Terlebih, informasi mengenai pengembang tersebut dapat diperoleh secara publik.

4. Sediakan Biaya DP

Apabila Anda ingin melakukan kredit rumah, maka ada baiknya untuk menyediakan biaya DP. Biaya tersebut harus menjadi prioritas utama agar nantinya tidak kerepotan dalam membayarnya. Tidak hanya itu saja, pastikan juga untuk menyiapkan dana darurat.

Dana tersebut tentu sangat penting untuk biaya pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, usahakan untuk menyisihkan kedua jenis dana tersebut. Hal ini agar nantinya ketika ingin membayar biaya lain-lain tidak perlu lagi mengorbankan biaya untuk kebutuhan lainnya.

5. Siapkan Dana Kebutuhan Rumah

Terakhir, jangan lupa juga untuk menyiapkan dana kebutuhan rumah. Pasalnya, Anda tentu tidak hanya perlu membeli rumahnya saja. Akan tetapi juga perlu mengisi hunian tersebut dengan beberapa perabotan dan perlengkapan penting. Belum lagi ketika ingin renovasi rumah memakai jasa desain rumah Bogor.

Mulai dari listrik, air, internet, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu, jangan sampai menyepelekan persiapan dana tersebut agar nantinya dapat membeli kebutuhan rumah sesuai dengan keinginan. Tanpa perlu lagi kebingungan dalam menyiapkan uang tersebut secara mendadak.

Itu dia beberapa tips kredit rumah KPR. Tentu saja setiap tipsnya sangat penting untuk Anda terapkan dengan baik. Dengan begitu, menghuni rumah impian bersama dengan keluarga saat ini bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Terapkan saja semua tips di atas untuk mendapatkan rumah idaman.