5 Masakan Berkuah Tanpa Santan Update
Tips

5 Masakan Berkuah Tanpa Santan Update

Masakan yang berkuah biasanya identik dengan santan. Namun, ada juga jenis masakan berkuah tanpa santan yang bisa Anda coba buat. Karena bagi sebagian orang ada yang suka santan dan ada yang tidak. Selain itu, mereka yang menjalankan program diet biasanya menghindari masakan bersantan.

Masakan Berkuah Tanpa Santan

Makanan dengan kuah santan memang lebih terasa kental dan gurih ketika dimakan. Namun, sebagian orang mencoba menghindari santan karena kalorinya cukup tinggi. Solusinya adalah dengan membuat menu masakan kuah tanpa santan misalnya resep capcay dan Berikut ini beberapa jenis masakan yang bisa dicoba, di antaranya:

5 Masakan Berkuah Tanpa Santan Update

1. Sayur Asem

Menu masakan satu ini sering menjadi andalan untuk menu makanan sehari-hari. Selain cara membuatnya mudah, bahan yang dibutuhkan pun kaya akan gizi. Sehingga selain enak dan lezat, sangat bagus untuk memenuhi gizi sehari-hari keluarga di rumah.

Bahan yang digunakan pun cukup mudah Anda temukan mulai dari daun melinjo, kacang panjang, tauge, jagung manis, dan timun. Tak lupa bumbu-bumbu untuk menambah cita rasa khas seperti bawang merah, bawang putih, garam, gula merah. Cara membuatnya pun cukup mudah yakni dengan mencampur semua bahan di dalam air mendidih.

2. Sayur Bayam Oyong

Oyong dan bayam sudah seperti satu paket dan sering dijadikan kombinasi menu masakan sehari-hari. Makanan ini kaya akan gizi. Dari bayam tubuh akan mendapatkan serat dan zat besi. Sedangkan oyong mengandung vitamin A, zat besi, kalsium, dan mineral.

Bahan utama untuk membuat masakan ini adalah bayam dan oyong. Untuk menambah cita rasa menu masakan ini agar lebih lezat maka ditambahkan bawang putih, bawang merah, garam, dan gula merah. Cara membuatnya cukup dengan memasukkan semua bumbu dan bahan-bahan di atas ke dalam air yang sudah direbus.

3. Sop Ayam

Kombinasi sayur dan daging ayam bisa dijadikan menu sop yang lezat dan bergizi. Anda bisa membuat menu masakan ini dari berbagai jenis sayur dan daging ayam. Kombinasi tersebut menghasilkan masakan yang kaya akan vitamin, protein, dan mineral.

Anda hanya membutuhkan bahan-bahan seperti oyong, wortel, mie soun, telur puyuh, daging ayam, seledri, dan daun bawang. Bumbu-bumbunya juga relatif mudah ditemukan seperti bawang merah, bawang putih, gula merah, garam, kaldu bubuk, merica, dan bawang goreng. Setelah itu, semua bahan dicampur dan direbus menjadi satu.

4. Sayur Sawi Putih

Sawi putih bisa menjadi menu masakan yang menarik untuk dicoba sebagai menu makanan sehari-hari. Bahan makanan ini mengandung gizi berupa karbohidrat, protein, kalium, dan natrium yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Memasak sayur sawi putih ini sama seperti sayur bening pada umumnya.

Bahan utama yang dibutuhkan tentu saja adalah sawi putih. Anda juga bisa menambahkan bahan tambahan lain seperti bakso atau daging ayam. Bumbu-bumbu yang diperlukan pun pada umumnya sama yakni berupa bawang merah, bawang putih, garam, gula merah, dan kaldu bubuk.

5. Tomyam

Menu masakan satu ini cocok buat Anda yang ingin sayur bening namun dengan cita rasa yang berbeda. Bahan yang dibutuhkan juga sangat bervariasi mulai dari tahu sutra, udang, bakso seafood, jamur kancing, wortel, pakcoy, dan crabs stick.

Bumbu yang dibutuhkan adalah batang serai, daun jeruk, jeruk nipis, bawang putih, cabai merah, jahe yang dimemarkan, minyak ikan, dan kaldu ikan. Cara membuatnya sangat mudah yakni cukup dengan menumis semua bumbu sampai wangi dan masukkan bahan lainnya di dalam air yang direbus.

Masakan berkuah tanpa santan di atas bisa menjadi solusi khususnya bagi Anda yang tidak doyan makanan bersantan karena berbagai alasan.